PERAWATAN SEPEDA MOTOR
Anda yang punya sepeda motor luangkanlah sedikit waktu untuk merawatnya,
agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan. Jika ingin motor lebih
awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan,
lakukan perawatan berkala
Biasanya
komponen sepeda motor makin lama akan mengalami kerusakkan atau penurunan
kinerja. Apalagi kalau tidak dilakukan perawatan dengan teratur.
Sangat penting
untuk melakukan servis atau tune up tunggangan secara berkala.
Menurutnya
setiap bengkel mempunyai standard operating procedure (SOP) sebagai panduan
mengenai tahapan tune up. Semuanya sudah pasti sesuai dengan standart Honda
dalam melakukan layanan perawatan motor.
“Pastinya
beberapa kendaraan ada aturan dan urutan servis masing-masing, namun tetap saja
ada beberapa hal yang umum dilakukan untuk semua sepeda motor,” ujar Purwanto.
Disinggung terkait
apa saja hal yang dilakukan saat melakkan tune up, Purwanto mengungkapkan
prosedur yang dilakukan untuk membuat mudah sepeda motor dihidupkan. Selain itu
kerja mesin normal (langsam), serta sistem pengereman yang bekerja dengan baik.
Tahapan saat Perawatan
Sepeda Motor
Ada beberapa
tahapan yang harus dilakukan saat melakukan perawatan motor. Ini semua untuk
lebih memudahkan mekanik dalam bekerja. Meninjau Buku Jurus Kilat Jadi Montir
Profesional Secara Otodidak,
Ada 20
hal yang harus dilakukan oleh seorang mekanik, saat melakukan servis
yaitu:
1.
Pemeriksaan dan mengganti oli mesin
2.
Pembersihan, pemeriksaan dan penyetelan karburator
3.
Pemeriksaan dan penyetelan celah klep
4. Pembersihan,
pemeriksaan dan pengukuran atau celah busi, jika sudah tidak memungkinkan bisa
diganti dengan yang baru
5.
Membersihkan saluran udara
6.
Pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebeas kopling
7.
Pemeriksaan dan penyetelan jarak bebas rem tromol
8.
Pemeriksaan aki
9.
Pemeriksaan dan menambahkan tekanan angin ban
10.
Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
11. Penyetelan
rantai roda
12.
Pemeriksaan sstem kelistrikan
13.
Pemeriksaan dan penyetelan putaran gas tangan
14.
Pemeriksaan pergerakan bebas stang kemudi
15.
Pemeriksaan saluran bahan bakar
16.
Pemeriksaan dan pembersihan saringan oli
17.
Pemeriksaan air radiator
18.
Pemeriksaan dan pengencanan baut mesin
19.
Pemeriksaan dan penambahan oli samping pada motor dua tak
20.
Pemeriksaan dan penyetelan switch rem
Diluar hal itu
jangan lupa biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar
tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan
melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet
dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika
ingin ganti motor yang baru. (Dol)
selengkapnya http://otomotif.kompas.com/read/2015/02/11/190000815/Pengalaman.Terbaik.dari.Konsumen.Honda.Motor
selengkapnya http://otomotif.kompas.com/read/2015/02/11/190000815/Pengalaman.Terbaik.dari.Konsumen.Honda.Motor
About Unknown
Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.
0 komentar:
Posting Komentar